Article Detail

Praktik Pembuatan Kincir Air Sederhana

             Proses pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 ini dilaksakan siswa dengan gembira dan antusias. Mereka belajar secara individu dan dilanjutkan secara kelompok dengan melalui berbagai kegiatan seperti mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasikan dan mempresentasikan laporan hasil karyanya sehingga siswa mempunyai keterampilan mengkomunikasikan.
             Pembelajaran membuat kincir air secara sederhana ini melatih siswa mengembangkan perilaku ilmiah yaitu rasa ingin tahu, ketelitian, cermat, mandiri, dan peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa asik belajar secara nyata sehingga melalui pengalamannya memperoleh pengetahauan yang dibangunnya sendiri dalam proses belajar tersebut
             Beberapa siswa dalam proses mengalami kegagalan berulang kali, namun siswa mencoba kembali dengan bantuan dan motivasi dari guru. Ada nilai daya juang yang terbangu. Akhirnya seluruh siswa dapat menghargai hasil karyanya sendiri dan hasil karya orang lain.
             
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment