Article Detail

Praktik Penerapan Pembelajaran PKT

Praktik pembelajaran Pendidikan Karakter Tarakanita kelas V ini diambil dari nilai Cc5 yaitu KPKC dan Comunity.

Pertama kali kegiatan ini diadakan dengan mengajak siswa diajak ke kebun sekolah untuk menanam beberapa tanaman apotik hidup seperti jahe, kunyit, dan lengkuas. Kemudian siswa diminta untuk merawat tanaman yang telah mereka tanam setiap hari dengan cara menyiram setiap pagi dan menuliskan laporan mereka. Diharapkan melalui kegiatan ini menimbulkan kepedulian siswa terhadap tanaman yang mereka tanam sendiri.

Pada pembelajaran kedua, siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Setelah itu setiap kelompok diminta untuk menciptakan sebuah permainan untuk anggota kelompok yang lain. Beberapa permainan yang dibuat oleh kelompok yaitu bambu gila, uji konsentrasi, kancil-pemburu, lintasan perahu, dan bola bakar. Seluruh kelompok sangat menyenangi permainan yang telah dibuat oleh mereka sendiri. Ada yang tertawa terbahak-bahak, konsentrasi penuh, bahkan sampai mengeluarkan emosi. Dengan kegiatan ini siswa diharapkan dapat bekerja sama dan menjalin suatu komunikasi yang baik antar sesama.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment